11.55

Arti Sebuah Persaudraan


Banyak orang yang mengartikan persaudaraan adalah suatu ikatan baik lahir maupun batin yang memiliki satu rasa. Di ibaratkan dalam satu tubuh, jika salah satu jari kita terjepit maka mulut kita pun mengaduh. Atau jika kita sakit gigi maka suluruh tubuh kita pun juga merasakan sakit yang sama. Itulah persaudaraan. Persaudaraan bukan berarti harus saudara sedarah tapi juga saudara seperjuangan.

Contohnya saja perjuangan dalam dakwah, susah senang dipikul bersama. Ketika ada suatu agenda dakwah yang membutuhkan banyak orang untuk berkontribusi didalamnya, maka berbondong-bondong saudara kita yang memiliki rasa peduli segera datang untuk menyokong. Namun pada kondisi saat ini, terkadang rasa peduli itu hilang. Tidak tau apa penyebabnya. Beberapa orang saat ini terpengaruh oleh globalisasi yang menuntut mereka hanya memikirkan kepentingan sendiri. Padahal kita tahu, dalam kehidupan ini kita tidak dapat hidup sendiri. Kita adalah maghluk social yang membutuhkan banyak orang untuk beradaptasi.

Permasalahan-permsalahan ini biasanya timbul dari diri masing-masing orang. Ketika kita di beri amanah untuk menjaga saudara-saudara kita maka optimalkanlah penjagaan itu. Silaturahim adalah salah satu alternative untuk menjaga ukhuwah ini.

“Wahai orang-orang yang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu…”.(At Tahrim :6)

Kita didunia ini di ciptakan untuk saling bersaudara, jadi jangan lah kita saling bermusuhan apalagi gontok-gontokan. N pesen dari ana,jagalah hati ,jaga silaturahmi ,and tetaplah berkhusnuzon pada saudara kita. OYA ada yang kelupaan….. terapkan 3 S dalam keseharian kita.Dah pade tau 3S kan??? SENYUM,SALAM,SAPA….

Created by.

Desi Nuraeni

0 komentar: